Jadilah ter-update dengan join saluran Whatsapp milihilmu! Gas, Boi

Barangkali yang dicari

Penggunaan Konjungsi Antarkalimat dan Intrakalimat: Materi, Latihan Soal, dan Pembahasan PPU PBM UTBK-SNBT

Apa bedanya namun, tetapi, dan akan tetapi

Bagaimana penggunaan konjungsi oleh karena itu dan dengan demikian yang tepat?

Simak dengan cermat dan segera temukan solusinya!

Namun, tetapi, dan akan tetapi merupakan konjungsi yang sama-sama berfungsi menghubungkan kalimat yang saling bertentangan. 

Lalu, dalam membuat  kalimat yang saling bertentangan, apakah kita bebas memilih antara tiga konjungsi tersebut?

Tentu saja, TIDAK.

Perhatikan penjelasan berikut.

  • Konjungsi namun

Konjungsi namun merupakan konjungsi antarkalimat, yaitu konjungsi yang menghubungkan suatu kalimat utuh dengan kalimat setelahnya. 

Misalnya:

  • Ia adalah seorang yang pandai. Namun, perangainya sangat buruk.

  • Sikap-sikap keras dalam demokrasi seperti ini harus dibasmi. Namun lebih dari dibasmi, penanaman moral etik yang baik juga langkah tepat untuk strategi preventif

  • Komisi Pemilihan Umum RI sudah mengatur strategi sebaik mungkin untuk meminimalisir adanya golput ‘golongan putih’. Namun, masyarakat Indonesia memilih abai karena merasa semua pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak memiliki elektabilitas.

  • Konjungsi tetapi

Konjungsi tetapi merupakan konjungsi intrakalimat, yaitu konjungsi yang menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat yang saling bertentangan. 

Misalnya: 

  • Profesinya adalah pewarta, tetapi bicaranya tidak tertata.

  • Guru Fisika itu galak, tetapi petuahnya sungguh mengagumkan.

  • Presensi tidak dilakukan dengan tanda tangan, tetapi dengan pemindaian kode respons cepat.

  • Konjungsi akan tetapi

Konjungsi akan tetapi ditaruh dimana, ya?

Meskipun bentuknya mirip dengan tetapi, konjungsi akan tetapi merupakan konjungsi antarkalimat. Oleh karena itu, penggunaannya sama dengan konjungsi namun.

Misalnya: 

  • Junior, seorang pelajar asal Kudus sedang merantau ke Kota Yogyakarta. Akan tetapi, ia tidak mau mengurus perpindahan TPS pada Pemilu 2024 karena merasa kesulitan dalam memenuhi persyaratan dokumen. 

  • Menurut masyarakat Indonesia, ketiga pasangan Capres-Cawapres RI dianggap tidak memiliki elektabilitas. Akan tetapi, KPU menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dengan baik.

  • Tertulis dalam Perjanjian Batu Tulis Tahun 2009  poin tujuh bahwa Megawati Soekarnoputri berjanji akan mendukung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden RI dalam Pemilu Presiden 2014. Akan tetapi dalam pemilu tersebut, Megawati mengingkari janjinya dengan memberikan mandat kepada Joko Widodo sebagai calon presiden dari PDIP.

Lalu, bagaimana dengan dengan demikian dan oleh karena itu?

Dengan demikian dan oleh karena itu merupakan konjungsi antarkalimat yang sering dijumpai di bagian kesimpulan suatu paragraf atau wacana. Namun, kedua konjungsi ini memiliki perbedaan dalam fungsi dan maknanya. Dengan demikian merupakan konjungsi simpulan yang digunakan untuk menghubungkan informasi lanjutan/hal-hal yang selanjutnya terjadi dari kalimat sebelumnya. Sementara itu, oleh karena itu merupakan konjungsi sebab-akibat yang digunakan untuk menghubungkan akibat dari sebab yang ada dalam kalimat sebelumnya.


Perhatikan kedua contoh kalimat berikut.

Memperhatikan kaidah kebahasaan pada pamflet yang tersebar di lingkungan umum sama artinya dengan menjaga martabat bahasa Indonesia. Dengan demikian, martabat bahasa Indonesia tidak akan menurun karena mutunya yang selalu terpelihara.


Memperhatikan kaidah kebahasaan pada pamflet yang tersebar di lingkungan umum sama artinya dengan menjaga martabat bahasa Indonesia. Oleh karena itu, martabat bahasa Indonesia tidak akan menurun karena mutunya yang selalu terpelihara.


Manakah yang lebih cocok? Mari analisis.

Dapat dilihat bahwa kalimat yang mendapat konjungsi dari paragraf tersebut tidak menunjukkan akibat, melainkan mengungkap kondisi lanjutan dari isi kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah dengan demikian.


YUK, KLIK TOMBOL MULAI DAN SEGERA TES KECERMATANMU DI SINI!




-[tombol mulai]-->

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!
Scroll ke atas untuk berlangganan konten semoga berkah selamat menikmati~