Jadilah ter-update dengan join saluran Whatsapp milihilmu! Gas, Boi

Barangkali yang dicari

Materi UTBK–SNBT Wacana dan Paragraf: Konsep, Jenis, Contoh, dan Latihan Soal

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai subtes PPU materi wacana dan paragraf



Konsep Materi beserta Pengertian Wacana dan Paragraf

Wacana adalah unit teks yang lebih besar dari kalimat dan lebih kecil dari teks secara keseluruhan. Wacana mencakup serangkaian kalimat yang saling terkait dan membentuk suatu rangkaian berdasarkan informasi dan argumen tertentu. Tujuan utama wacana adalah menyampaikan suatu informasi secara kohesi dan koherensi.


Koherensi merupakan keteraturan/kesinambungan antara paragraf satu dengan yang lain dalam sebuah wacana. Kohesi merupakan keteraturan/kesinambungan antara kalimat satu dengan lainnya dalam sebuah paragraf. Sebuah wacana memiliki satu ide yang diwakilkan oleh sebuah judul. Selanjutnya dari judul, ide akan dipecah melalui paragraf-paragraf yang memuat gagasan utama/gagasan pokok. Gagasan pokok memiliki kalimat inti yang digunakan untuk dasar dari pengembangan kalimat pelengkap. untuk lebih jelasnya, kiranya bisa diamati pada diagram berikut : 


Jenis-Jenis Paragraf Beserta Contohnya Menurut Letak Gagasan Utama

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf dengan kalimat utama berada di awal untuk langsung menyampaikan gagasan pokok atau ide utama. paragraf deduktif dicirikan dengan kalimat pertama berupa pernyataan umum. Pendekatan deduktif menyajikan ide utama terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh kalimat pendukung atau penjelas. Trik cerdik dalam mengetahui paragraf deduktif adalah dengan melihat kalimat setelahnya yang umumnya berupa rincian.

Contoh Paragraf Deduktif

Indonesia merupakan Negara Maritim dengan luas perairan 2/3 dibanding luas daratan. Luas laut ini berdampak pada keberagaman biota laut yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sumber daya yang melimpah merupakan potensi nilai ekonomi yang besar bagi sebuah negara karena dapat mendatangkan wisatawan asing. Pada Oktober 2023, 978,5 ribu kunjungan wisatawan asing dari mancanegara ke Indonesia.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan kebalikan dari deduktif. Paragraf induktif memuat gagasan pokok pada akhir kalimat. Ciri-ciri paragraf induktif menyajikan rincian atau penjelasan terlebih dahulu yang mendukung pernyataan atau kesimpulan umum. ciri konjungsi yang dipakai pada paragraf induktif adalah contohnya dan misalnya.

Contoh Paragraf Induktif

Indonesia merupakan Hutan Mangrove dikenal memiliki jenis flora dan fauna yang dapat tumbuh di kondisi lingkungan yang sulit. Pohon mangrove seperti Rhizophora, Avicennia, dan Sonneratia adalah contoh flora yang umum ditemui. Selanjutnya, hutan mangrove juga menjadi tempat tinggal dan tempat berkembangbiak bagi berbagai jenis fauna laut dan darat. Perannya bagi kehidupan manusia, hutan mangrove memberikan sumber daya alam, seperti kayu mangrove yang tahan air, serat dan bermanfaat untuk obat-obatan tradisional. selain itu, tumbuhan mangrove berfungsi sebagai perisai alami melindungi pesisir dari abrasi dan dampak badai.Konservasi hutan gambut dirasa diperlukan saat ini mengingat peran dan fungsinya seperti yang disampaikan di atas.

3. Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif adalah paragraf yang gagasan utamanya terdapat di tengah kalimat. pola dari paragraf ini adalah khusus-umum-khusus. kalimat awal disajikan sebagai pengantar sebelum memasuki gagasan utama/kalimat utama dalam dengah paragraf. selanjutnya, disusul oleh kalimat pelengkap yang bertujuan untuk menegaskan dan merincikan kalimat utama..

Contoh Paragraf Campuran

Covid-19 melululantahkan seluruh muka bumi. negara-negara besar tak terkecuali Indonesia ikut terjebak pada keadaan yang tidak mengenakkan. Pariwisata terhambat, ekonomi sulit berputar, kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan dilarang. namun ketika jumlah pasien Covid-19 menurun, pemerintah melonggarkan peraturan dengan menerapkan skema Pemberlakuan Pembatasan Kegian Masyarakat (PPKM).  Hasilnya, industri mulai menggeliat dan bergerak, pariwisata mulai tumbuh, dan ekonomi masyarakat mulai pulih.

Trik Cerdik Mengerjakan Soal Wacana atau Paragraf.

  1. Baca soal terlebih dahulu. Pastikan apa yang diminta oleh soal : gagasan pokok, judul, kalimat utama, paragraf rumpang, atau kesimpulan.
  2. Siapkan catatan untuk menulis gagasan pokok setiap paragraf (ini berguna agar ketika soal beranak tidak perlu membaca berkali-kali). 
  3. Cermati antarunsur kalimat terdapat lompatan gagasan atau sudah kohesi dan koherensi.
  4. Untuk mengetahui tolok ukur pemahamanmu, yuk kita uji dengan kuis berikut!



-[tombol mulai]-->
Sedang super duper serius menjalani kehidupan sebagai pujangga kontemporer sekaligus seorang linguis pada S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, UGM. Menulis, Melukis, Berkendara. Toko kelontong, nomaden. s…

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!
Scroll ke atas untuk berlangganan konten semoga berkah selamat menikmati~